Strategi Bisnis Jasa Cargo untuk Menarik Pelanggan




Setiap perusahaan tentu memiliki cara tersendiri untuk mengembangkan bisnisnya. Hal ini disebut 
dengan strategi bisnis. Demikian pula dengan perusahaan kargo, pasti memiliki strategi bisnis jasa cargo tertentu dalam menarik pelanggan.
Penasaran bagaimana strategi yang digunakan jasa kargo dalam menarik pelanggan? Berikut beberapa ulasan lengkap mengenai strategi bisnis yang bisa digunakan untuk menarik pelanggan.

Faktor yang Mempengaruhi Perluasan Bisnis Jasa Cargo

Untuk memperluas bisnis ekspedisi, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum benar-benar menjalankan sebuah strategi bisnis. Faktor-faktor tersebut terbagi atas dua macam, yakni faktor makro dan faktor mikro:
  1. Faktor makro 
Biasanya yang berhubungan langsung dengan faktor makro adalah bagian demografi tempat, ekonomi sasaran pelanggan, politik, hukum, sosial, fisik, dan teknologi. Semua hal yang ada di daerah tujuan perusahaan jasa cargo ini sangat mempengaruhi jalannya perusahaan ke depannya.
  1. Faktor mikro
Selalu berhubungan dengan strategi pemasaran, persaingan pasar, konsumen, dan pemasok jasa.
Nah, dalam hal ini, yang sangat diperhatikan adalah bagian pemasaran dari usaha logistik yang akan dilakukan terlebih dahulu.

Sistem Pemasaran yang Dibutuhkan Oleh Jasa Cargo

Pemasaran menjadi sebuah titik penting dalam perkembangan perusahaan jasa cargo itu sendiri. Biasanya, cara pemasaran yang dilakukan oleh jasa logistik dan kargo bermacam-macam. Dari mulai menawarkan harga murah sampai strategi pengiriman cepat.
Biasanya, dalam melakukan sebuah penawaran jasa, perusahaan cargo akan mempertimbangkan beberapa faktor yang disebut dengan 4P.
Beberapa faktor tersebut adalah place, product, price, dan promotion.

1. Place atau Lokasi

Biasanya, sebelum menawarkan beberapa jasa andalan, perusahaan jasa ekspedisi akan mempertimbangkan lokasi. Apakah lokasi yang akan dituju dekat atau jauh. Bagaimana rutenya dan apakah ada kantor cabang di lokasi yang dimaksud?
Lokasi menjadi salah satu faktor penting sebelum mengeluarkan jargon atau jasa andalan. Supaya tidak mengecewakan konsumen dan tidak sekedar omong doang.

2. Product

Dalam hal ini, kita akan membahas soal jasa. Jasa yang ditawarkan oleh pihak kargo harus jasa yang bermutu dan berguna. Bukan hanya sekedar murah saja.

3. Price atau Harga

Persaingan harga bukan soal siapa yang paling murah. Melainkan harga mana yang paling masuk akal dengan layanan yang ditawarkan.

4. Promotion atau Promosi

Ketiga faktor di atas tidak akan ada gunanya jika tidak disertai dengan action atau aksi nyata dari promosi itu sendiri.
jadi, promosi menjadi sebuah kunci kesuksesan dari strategi bisnis sebuah perusahaan cargo.

Cara Perusahaan Cargo Melakukan Promosi

Dalam melakukan promosi, perusahaan jasa ekspedisi harus mempertimbangkan kebutuhan konsumen juga.
Iklan yang akan disebarkan harus memenuhi beberapa informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Beberapa di antaranya adalah:
  • Kebutuhan dan Keinginan konsumen dari jasa cargo yang diiklankan.
  • Biaya pengiriman
  • Kenyamanan
  • Bagaimana konsumen bisa berkomunikasi dengan perusahaan selama pengiriman barang.
Belakangan ini, ada 2 cara promosi yang paling populer dan efektif di Indonesia:
  • Iklan secara daring melalui sosial media dan website
  • Menyewa slot iklan di YouTube
Tetapi, kedua cara ini mengharuskan konsumen untuk online agar dapat melihat iklan yang Anda pasang. Promosi ini jelas kurang, sebab tidak semua calon konsumen yang membutuhkan jasa kargo sempat online untuk melihat situs atau iklan Anda. Maka dari itu, cobalah untuk tetap melakukan promosi secara offline.
Dari seluruh strategi yang ada, semuanya mengarah kepada kegiatan promosi yang harus dilakukan secara masif. Promosi offline bisa dilakukan dengan memasang pamflet atau banner iklan di jalan. Itulah beberapa strategi bisnis jasa cargo untuk menarik pelanggan. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer