Cara Lacak Paket Pengiriman Barang dan Sistem Kerjanya


Saat mengirim barang lewat jasa ekspedisi, anda akan diberi informasi nomor resi. Nomor resi itu bisa anda gunakan untuk melacak lokasi pengiriman barang. Jadi anda bisa tahu barang yang anda kirim sudah sampai mana.
Bagi anda yang belum tahu cara melacak paket, anda bisa menyimak ulasan di bawah ini. Selain cara pelacakan paket, akan dijelaskan pula sistem kerja lacak lokasi paket. Langsung saja, berikut ulasannya.
Cara Lacak Paket Pengiriman Barang
Barang yang dikirim lewat jasa ekspedisi bisa dilacak dengan mudah dengan langkah-langkah ini:
1. Melihat nomor resi di bukti pengiriman barang
Setelah mengirim barang lewat jasa ekspedisi, anda akan mendapat bukti yang terdapat nomor resinya. Digit nomor resi setiap jasa ekspedisi berbeda. Jadi jika anda tidak mengetahui yang mana nomor resi, anda bisa bertanya pada admin jasa ekspedisi. 
2. Mengunjungi website lacak paket
Selanjutnya adalah anda harus mengunjungi website atau situs lacak paket. Situs khusus yang menawarkan jasa pelacakan paket barang biasanya hanya menyediakan pelacakan jasa ekspedisi terkenal.
Jika ekspedisi yang anda gunakan tidak masuk di dalam daftarnya, anda bisa melakukan pengecekan langsung di situs resmi jasa ekspedisi barang tersebut.
3. Mulai melacak
Setelah menemukan situs untuk melacak paket, anda bisa memasukkan nomor resi di kolom yang tersedia kemudian klik lacak. Tunggu sebentar hingga muncul status barang kiriman anda. Biasanya akan ada detail lokasi barang yang anda kirim.
Selesai, mudah kan? Maka dari itu untuk mengurangi kekhawatiran tentang terkirim tidaknya barang, anda bisa melakukan pelacakan barang. Hal ini berlaku untuk semua jenis pengiriman barang, termasuk jasa pengiriman barang besar
Sistem Kerja Pelacakan Paket Pengiriman Barang
Sebagian dari anda mungkin bertanya-tanya mengapa lokasi barang bisa dilacak? Apakah barang disertai GPS? Jawabannya tentu bukan, barang bisa dilacak karena lokasinya terus diupdate oleh kurir seperti penjelasan berikut.
  1. Barang anda akan didata admin. Data utama yang diperlukan adalah nama penerima dan alamat tujuan paket barang. Barang kemudian diberi kode unik (nomor resi)
  2. Barang disortir berdasarkan alamat tujuan lalu dikirim. Di tahap ini, admin mengganti status barang menjadi shipping progress.
  3. Setelah sampai di tempat tujuan, kurir atau admin akan memperbarui lokasi barang. Lokasi akan terus diperbarui sampai barang sampai ke penerima (receive on destination).
Misalnya anda mengirim barang Yogyakarta menggunakan jasa ekspedisi pengiriman barang. Saat barang sampai di kantor pusat Yogyakarta, lokasi barang akan diperbarui. Setelah barang dikirim ke kantor cabang (kabupaten/kota), lokasi barang diperbarui lagi. Begitu seterusnya hingga barang sampai.
Bagaimana? Anda sudah paham dengan sistem kerja lacak paket bukan? Jika sudah, anda bisa membagikan tulisan ini ke media sosial agar banyak orang yang mengetahui cara dan sistem kerja lacak paket pengiriman barang.

Komentar

Postingan Populer