Ambient Media Sebagai Strategi Kreatif Dalam Beriklan



 Foto: Pinterest.com

Pernah tidak dengar Ambient media? Atau kamu tahu sedikit mengenai ambient media? Jadi ambient media merupakan salah satu strategi dalam beriklan yang dimana tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan feeling dan mood konsumen, agar merasa suka ketika berinteraksi dengan produk yang ditawarkan, ambient media bisa juga di sebut sebagai media lingkungan, karena penerapannya yang memanfaatkan lingkungan sekitar. 

Ini bisa menjadi terobosan baru untuk mempromosikan produkmu, kecenderungan dari iklan ini adalah untuk opportunistic, yang berarti memanfaatkan lingkungan yang ada, atribut yang digunakan biasanya yang ada pada lingkungan tersebut, kekuatan utama dari ambient media ini adalah memberikan efek yang mengejutkan kepada konsumen. Salah satu strategi pendekatannya sangat unik dan nyeleneh, pesan yang disampaikan pun memiliki sifat hiden (tersembunyi) konsumen diajak untuk bertanya-tanya atas maksud dari pesan dalam iklan ambient media sehingga ambient media sering kali menciptakan topik yang menjadi pembahasan masyarakat, hal itu karena ambient media sangat sulit untuk dihindari memaksa alam bawah sadar untuk tidak bisa menolak pesannya. 

Faktor yang mempengaruhi pesatnya pertumbuhan ambient media sebagai salah satu strategi iklan salah satunya menurunnya kekuatan media konvensional seperti spanduk, banner, billboard, dll. Kebutuhan untuk menjaring target audience yang lebih signifikan bagi produk, dan semakin maraknya jumlah iklan di media digital maupun televisi yang menggempur konsumen setiap hari. Di Indonesia sendiri terutama di kota besar, untuk keberadaan ambient media sendiri, sudah mengisi berbagai sudut ruang di ibu kota, walaupun masih terbatas jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Sangat sulit memang meyakinkan klien bahwa ambient media juga memiliki pengaruh besar untuk strategi periklanan, paradigma yang sudah tertanam bahwa media konvensional merupakan media yang paling efektif untuk periklanan.

Dalam menerapkan ambient media diharuskan untuk menganalisa target pasar secara geografis, sosiologis disini sensitivitas orang kreatif terhadap lingkungan harus terus diasah. Hal itu dilakukan agar iklan yang ditanam dalam ambient media dapat tersampaikan dengan tepat ke khalayak yang di tuju. Karena media iklan ini memanfaatkan lingkungan sekitar maka perlu dipikirkan secara seksama agar tidak mengganggu lingkungan.

Dapat disimpulkan bahwa ambient media merupakan salah satu strategi yang efektif untuk mendekatkan antara brand dengan konsumen, dengan sifatnya yang inovatif mampu menyedot perhatian konsumen. 

Untukmu yang ingin kirim barang bermuatan besar dengan harga terjangkau bisa pakai jasa ekspedisi Sentral Cargo, kamu bisa cek tarif ekspedisi dari pengiriman kota asalmu ke kota tujuan melalui website kami dan aplikasi kami yang bisa kamu download melalui play store. Pengiriman menggunakan jasa ekspedisi Sentral Cargo begitu mudah cepat dan praktis.

Info lebih lanjut hubungi Customer Service kami +6281288303355, +6281288320055 atau Telp 021-6303456 Terima kasih.
 

Komentar

Postingan Populer