Langkah Menjadi Freelancer Handal Untuk Pemula



Foto: Pexels.com
Kini pilihan utama dalam berkarier gak harus bekerja di sebuah perusahaan atau instansi tertentu, bekerja sebagai creator Freelance pun banyak peminatnya, karena selain waktu kerja yang lebih fleksibel kamu pun lebih bisa mengembangkan diri karena akan banyak terlibat di berbagai proyek, ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan bekerja sebagai Freelancer, tapi tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi salah satunya caramu membranding diri, hal-hal yang harus kamu perhatikan adalah sebagai berikut:

     1.  Menjaga Nama Baik



Salah satu hal yang paling penting dalam dunia Freelancer ini adalah menjaga nama baik, karena bila reputasimu buruk bisa jadi klien akan membatalkan proyek yang akan kamu garap, dan calon klien berikutnya tidak jadi memilih kalian, jangan sampai citra kalian buruk di Industri ini. Bukan hanya menyangkut masalah pekerjaan atau proyek saja tapi juga citra personal dimata publik, segera cek semua akun media soasialmu dan hapus foto-foto serta caption yang sekiranya dapat membuat klien tidak nyaman.



     2.  Maksimalkan Portopolio



Untuk kalian para design grafis portopolio harus dibuat menarik dan sekreatif mungkin, Karena dalam design visual adalah hal utama. Karena portopolio merupakan media utama untuk mempromosikan dirimu, sebelum mempresentasikan portopolio di depan klien kamu harus mengetahui skill mu terlebih dahulu agar kamu benar-benar menguasai bidang tersebut, yang terakhir kamu harus meyakinkan dirimu kepada klien.



     3.  Promosikan Produkmu



Bagi freelancer baru untuk mendapatkan klien adalah salah satu tantangan tersendiri, dan belum begitu paham cara terbaik untuk mempromosikan diri, ada yang mengatakan promosi paling ampuh itu ialah dari mulut ke mulut, namun alangkah lebih baiknya ditambah dengan promosi melalui media sosial dan juga memaksimalkan portopoliomu, selanjutnya buatlah klien kamu merasa nyaman agar tertarik dengan jasa mu.



     4.  Mengajukan kontrak pem bayaran yang lebih jelas



Masalah ini yang sering terjadi bagi para freelancer, jangan biarkan kamu menunggu jika terjadi keterlambatan dalam proses pembayaran,  ‍padahal proyek yang kamu kerjakan sudah selesai. Kamu bisa nih membuat strategi bila pekerjaan sudah selesai 100% kamu bisa mengirim final artnya jikalau klien mu sudah membayarnya 100%.



Gimana gaes ulasan di atas, semoga bisa membantumu ya, yang sedang berjuang dalam jasa Freelancer mimin doain semoga rezeki akan terus bertambah, sedikit informasi yang bisa mimin sapein semoga bermanfaat.

Untukmu yang sedang mencari jasa ekspedisi yang mampu kirim barang bermuatan besar ke seluruh pulau di Indonesia pakai jasa ekspedisi Sentral Cargo saja, pengiriman cepat dan aman ke seluruh pulau di Indonesia.

Komentar

Postingan Populer