Beberapa Perusahaan yang Membutuhkan Jasa Ekspedisi


Foto: Pixabay.com

Seiring berkembangnya pelaku usaha mulai dari skala rumahan hingga industry besar, semakin besar pula peluang jasa pengiriman barang, sehingga perusahaan jasa ekspedisi menjadi salah satu bisnis yang paling laris akhir-akhir ini. Apabila jasa ekspedisi hilang maka perusahaan yang membutuhkan jasa ekspedisi hampir tidak dapat berjalan, Jasa ekspedisi ialah perusahaan yang menawarkan jasa di bidang pengiriman barang. Biaya yang dikenakan pada barang yang dikirim dihitung berdasarkan berat barang dan jarak kota yang ditempuh. Semakin berat suatu barang, dan semakin jauh jarak lokasi pengiriman, maka harganya akan semakin tinggi.

Apa saja sih perusahaan yang membutuhkan jasa ekspedisi? 

Perusahaan yang membutuhkan jasa ekspedisi diantaranya bisnis online, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta Industri besar.

Bisnis online merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melalui dunia maya dengan berbagai media, seperti website, blog, atau media sosial. Jelas sekali bisnis online ini akan membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirim barang yang dibeli oleh pelanggan. Biasanya untuk pembayaran dapat dilakukan melalui mbanking, ataupun transfer atar bank lewat atm, dapat juga bayar melalui minimarket terdekat, tanpa adanya jasa ekspedisi barang tidak akan sampai kepada pembeli.

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah suatu usaha jual-beli yang dikelola oleh perorangan atau badan usaha. UMKM biasanya berupa usaha kerajinan, perusahaan makanan khas suatu daerah, dan lain-lain. Usaha ini membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirim produk kepada pembeli baik domestic maupun luar negeri, untuk kelancaran transaksi dan kelancaran dalam berbisnis, karena tidak semua usaha UMKM menyediakan pengantaran barang.

Industri besar adalah perusahaan industri yang skalanya sudah besar seperti perusahaan manufaktur yang telah dikenal public, seperti perusahaan pengolahan semen, pembuat makanan ringan, dan sebagainya. Jenis perusahaan ini memiliki wilayah pemasaran ke seluruh negeri atau bahkan hingga luar negeri. Untuk mendistribusikan produk mereka, mereka sangat membutuhkan jasa ekspedisi. Jasa ekspedisi juga berperan dalam pengambilan bahan baku yang terkadang harus didatangkan dari daerah lain, atau dari negara lain.

Untuk kelancaran bisnis ada beberapa hal yang harus dipertimbangakan dalam memilih jasa ekspedisi, seperti waktu pengiriman, keamanan, dan jangkauan pengiriman barang. Sekarang sudah terdapat jasa ekspedisi yang jasa pengiriman kilat 1 hari. Dengan jasa ini, barang yang dikirim hari ini bisa sampai di tempat yang dituju besok harinya, karena barang dikirim menggunakan cargo pesawat. Tidak hanya itu faktor keamanan juga menjadi hal yang harus diperhatikan banyak jasa ekspedisi yang menyediakan asuransi untuk barang yang akan dikirim. Dengan asuransi barang akan lebih terjamin keamanannya. Salah satu jasa ekspedisi yang terjamin kualitasnya ialah Sentral Cargo yang merupakan salah satu jasa ekspedisi terbesar di Indonesia memberikan fitur tracking mobil dan juga CCTV 24 jam. Dengan demikian barang yang kita kirim bisa kita cek lokasinya. Jangkauan jasa ekspedisi juga harus diperhatikan dalam memilih jasa ekspedisi. Pilihlah jasa ekspedisi yang sudah memiliki jangkauan seluruh kota besar dan kecil di seluruh Nusantara, sehingga perusahaan yang membutuhkan jasa ekspedisi bisa mengirim barang dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Komentar

Postingan Populer